Sabtu, 02 Januari 2010

Pemanfaatan Lahan

Analisis mengenai pemanfaatan ruang meliputi :
  1. Analisis kesesuaian lahan, yaitu analisis untuk mengetahui tingkat kesesuaian wilayah studi dengan kelayakan lahan yang ada.
  2. Analisis ekonomi lahan, yaitu analisis yang berisikan mengenai nilai ekonomi lahan pada tempat-tempat yang berbeda, terutama pada lahan terbangun maupun non terbagun dan pada lahan yang efektif maupun non efektif penggunaannya.
  3. Identifikasi bentuk dan struktur kota, yaitu mengidentifikasi bentuk dan struktur kota berdasarkan data-data yang ada.
  4. Analisis fungsi dan intensitas pemanfaatan lahan, bertujuan untuk mengetahui deskripsi intensitas penggunaan lahan di wilayah studi.
  5. Analisis pemanfaatan ruang, yaitu analisis mengenai pemanfaatan ruang beserta fungsi-fungsi kegiatan diatasnya, sehingga didapatkan ruang kota yang teratur dan tertata.
  6. Analisis kepadatan bangunan, yaitu analisis mengenai perbandingan luas lahan yang tertutup bangunan-bangunan dalam tiap unit lingkungan yang bersangkutan.
  7. Analisis ketinggian bangunan, yaitu analisis penentuan kelayakan tinggi bangunan maksimal yang masih dapat diperbolehkan untuk tiap-tiap unit fungsi. (Laporan Studio Perencanaan Kota, 1998).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar