Kamis, 05 Agustus 2010

Lembaga Pembiayaan Perumahan di Amerika Serikat ( I ) - New Hampshire Housing Finance Authority (NHHFA)

Profil
New Hampshire Housing Finance Authority (NHHFA) merupakan lembaga publik bebas pajak yang didirikan oleh badan legislatif negara bagian New Hampshire. Meskipun dibentuk dengan Undang-Undang sebagai sarana publik, NHHFA bukanlah badan milik negara, sehingga tidak menerima dana operasional dari pemerintah negara bagian New Hampshire. NHHFA mengelola berbagai program yang dirancang untuk membantu masyarakat dan keluarga yang memiliki pendapatan rendah untuk memperoleh perumahan yang layak, aman dan terjangkau.

Meskipun pasar real estate semakin melunak, pembeli yang pertama kali membeli rumah terus mengalami kesulitan memasuki pasar, karena hambatan yang mencakup keterbatasan uang muka, biaya penutupan sumber daya, dan kurangnya pengetahuan tentang proses pembelian rumah. Tekanan dalam pasar hipotek nasional juga menghambat proses pemembelian rumah dikarenakan adanya persyaratan kredit yang ketat. Oleh karena itu, NHHFA memiliki misi untuk meningkatkan, membiayai dan mendukung kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan perumahan yang terjangkau dan pelayanan lain yang terkait, melalui penggunaan efisien sumber daya dan membangun kemitraan yang efektif, sehingga memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi dan sosial masyarakat.

Elemen penting dari misi NHHFA mencakup kegiatan penelitian perumahan, serta pengumpulan data dan analisis, yang digunakan oleh profesional perumahan, lembaga pelayanan sosial dan lain-lain di seluruh negara. Upaya ini memungkinkan adanya publikasi tahunan, berupa Residential Rental Cost Survey dan Perumahan dan the Directory of Assisted Housing, yang berfungsi sebagai komponen penting dalam proses perencanaan konsolidasi. Selain itu, penelitian dan pengumpulan data juga mendukung NHHFA dalam upaya advokasi perumahan.

NHHFA menawarkan berbagai program kepemilikan rumah untuk membantu pembeli yang baru pertama kali ingin membeli rumah. Produk andalan NHHFA, adalah Single Family Mortgage Program, yang memberikan kredit berbunga rendah kepada calon pembeli selama lebih dari 30 tahun. Beberapa produk pinjaman kredit NHHFA lainnya, baik sebagai bagian dari Single Family Mortgage Program serta program-program mandiri lainnya, memungkinkan NHFFA untuk memprediksi jumlah penduduk yang tidak mampu memenuhi syarat untuk membeli rumah.

Bagian penting dari program kepemilikan rumah dari NHHFA, meliputi upaya pra-pembelian dan pasca-pembelian rumah. Sebagai fasilitas tambahan, NHHFA menawari masyarakat yang pertama kali meminjam kredit rumah suatu bimbingan dalam proses pembelian rumah dan menyediakan informasi yang perlu diketahui sebagai pemilik rumah baru. NHHFA berusaha untuk membuat pengalaman membeli rumah yang sukses satu untuk semua nasabahnya.

Setiap tahun NFHHFA membantu ribuan keluarga berpenghasilan rendah untuk mendapatkan dan mempertahankan unit sewaan perumahan melalui U.S. Department of Housing and Urban Development’s Housing Choice Voucher dan program bantuan sewa. Tanpa program ini, banyak penduduk New Hampshire akan menjadi tunawisma atau tidak mampu membeli kebutuhan dasar bagi kehidupan mereka. Program HUD, meliputi kesempatan bagi keluarga untuk menjadi mandiri secara finansial dan menyediakan kesempatan bagi kepemilikan rumah melalui the GOAL Family Self-Sufficiency Program dan the Housing Choice Voucher Home Ownership Option.

Selama tahun 2007, maka NHHFA telah membantu 3.326 keluarga dengan dana lebih dari $ 25 juta untuk subsidi perumahan melalui the Housing Choice Voucher Program. NHHFA menerima $ 220.218 dari Department of Housing and Urban Development (HUD) untuk the Family Self-Sufficiency Program dengan tujuan membantu keluarga untuk menjadi mandiri secara finansial.

Adapun, prioritas dana NHHFA bagi multifamily adalah meningkatkan penyediaan perumahan sewa yang terjangkau di seluruh negara. Walaupun terjadi kenaikan biaya untuk mengembangkan perumahan multifamily dan terbatasnya subsidi bagi NHHFA untuk membantu membiayai program tersebut, NHHFA berkomitmen untuk memaksimalkan jumlah unit yang dibuat, yaitu dengan cara bekerja sama dengan pengembang untuk menemukan cara-cara kreatif dan efektif untuk membawa hasil yang maksimal bagi program yang sedang dilaksanakan.

Selain program bantuan sewa langsung, the NHHFA’s Housing Services Programs memberikan bantuan kepada manajer perumahan dan koordinator pelayanan pembiayaan properti perumahan bagi penduduk New Hampshire. Manfaat dari bantuan ini, meliputi penurunan terjadinya penggusuran, kerusakan harta benda dan pengaduan masyarakat, dan peningkatan penduduk yang mandiri, dan meningkatkan stabilitas maupun livability untuk pembangunan perumahan. NHHFA menyediakan bantuan teknis dan pelatihan bagi pemilik dan manajemen perusahaan dalam mengembangkan, menerapkan dan memelihara kualitas layanan untuk mendukung program-program bagi penduduk lanjut usia dan kompleks perumahan keluarga.

Struktur Organisasi
  1. Executive Division: General and Financial Administration / Public and Government Relations / Comprehensive Housing Research and Planning
  2. Finance & Accounting Division: Accounting / Financial Management Activities / Mortgage Loan Servicing
  3. Assisted Housing Division: Rental and Tenant Assistance Programs / Supportive Services Programs
  4. Management & Development Division: Multi-Family Housing Development and Financing Programs / Multi-Family Project Portfolio Management / Compliance Monitoring
  5. Home Ownership Division: Single Family Mortgage Program / Special Home Ownership Programs
  6. Information Technology Division: Automated Management Information Sistems
Sumber Keuangan
  • NHHFA mengalokasian $ 96,5 Mortgage Revenue Bond (MRB), untuk membantu memenuhi peningkatan permintaan untuk jangka panjang, dengan tingkat bunga tetap bagi pembiayaan hipotek dan pembiayaan kembali pinjaman untuk pembeli rumah yang memiliki pendapatan menengah ke bawah.
  • Adanya hibah yang dilakukan NHHFA sebesar $ 19,6 juta untu membantu negara maupun negara bagian dalam menyeimbangkan lingkungan rumah yang terkena dampak negatif dari penyitaan rumah. Dana tersebut harus digunakan dalam waktu 18 bulan setelah penerimaan.
  • NHHFA menciptakan $ 7.500 kredit pajak untuk pertama kali bagi pembeli rumah. Kredit pajak ini berlaku untuk pembelian rumah setelah April 8, 2008, dan sebelum 1 Juli 2009. Dan, NHHFA menghasilkan $ 526.000 bagi kredit pajak tambahan antara 2008 dan 2009.

Persyaratan
The Voucher Assisted Mortgage Option memberikan kesempatan bagi keluarga yang memiliki penghasilan sangat rendah untuk membeli rumah dan menggunakan the Housing Choice Voucher sebagai bagian dari pembayaran kredit perumahan bulanan mereka. Inisiatif ini mengikuti semua petunjuk dari the Single Family Mortgage Program dan terbuka untuk peserta Housing Choice Voucher Program dengan penargetan khusus untuk mengikuti GOAL/Family Self Sufficiency (FSS). Pertama kali, calon peminjam harus melengkapi pelatihan bagi para pembeli rumah baru melalui NHHFA atau organisasi perumahan non-profit yang disetujui. Kemudian, pembeli harus mengisi formulir pendaftaran. Pembeli dimasukkan ke dalam daftar tunggu. Ketika nama pembeli telah mencapai tingkat atas pada daftar tersebut, maka mereka akan diberitahu dengan email.

Adapun, persyaratan yang harus dipenuhi oleh suatu keluarga untuk mendaftar the Housing Choice Voucher Program yang ditawarkan oleh NHHFA, antara lain :
  • Memiliki pendapatan tahunan yang kurang dari batas minimal yang ditentukan oleh U.S. Department of Housing and Urban Development (HUD). Ketika menentukan kelayakan pendapatan, maka yang digunakan sebagai acuan adalah pendapatan kotor.
  • Memberikan verifikasi Nomor Jaminan Sosial untuk seluruh anggota keluarga yang berusia di atas 6 tahun atau menyatakan bahwa mereka tidak memiliki Nomor Jaminan Sosial. Dokumen-dokumen tersebut dapat diajukan pada saat aplikasi atau bila voucher telah tersedia.
  • Memenuhi persyaratan HUD dalam status keimigrasian atau kewarganegaraan.
  • Mampu membayar sejumlah cicilan kepada NHFFA atau lembaga perumahan lainnya.
  • Menandatangani formulir pendaftaran, sehingga NHHFA dapat memverifikasi berbagai persyaratan untuk program bantuan sewa.
  • Tidak memiliki anggota keluarga yang terlibat dengan tindakan-tindakan kriminalitas yang dapat membahayakan hidup, kesehatan, keselamatan, atau hak asasi manusia bagi orang lain.
  • Tidak mempunyai anggota keluarga yang terlibat dengan kasus narkoba atau kekerasan yang berhubungan dengan kegiatan kriminal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar