Senin, 29 Desember 2008

Boros1

Sebenarnya, tanpa sadar … terlalu banyak pemborosan yang saya lakukan setiap hari.


Sumber Daya Air


Air merupakan sumber kehidupan bagi manusia, termasuk saya. Tanpa air, tidak diragukan lagi pasti saya akan merasa sangat kehausan. Dan, mungkin … dalam beberapa hari saya tidak akan berada di dunia ini lagi. Hiii, saya benar-benar ngeri membayangkannya.


Air yang bisa digunakan di bumi ini hanyalah 3 %, yang meliputi air permukaan dan air bawah tanah. Sisanya, 97 % berupa air laut. Bila kita meminum air asin tersebut, maka kita justru akan merasa kehausan.


Di negara tropis, seperti Indoenesia, pada umumnya, ketersediaan air tidak begitu menjadi masalah, karena Indonesia memiliki curah hujan yang cukup tinggi sepanjang tahun. Hal ini menjadikan setiap orang seakan-akan memiliki kebebasan untuk mengeksploitasi air secara berlebihan. Namun, sebenarnya … pernahkah kita sadar? Di belahan timur Indonesia, NTT, akses terhadap air bersih sangat susah didapatkan. Sebagian besar masyarakatnya mengambil air dari sungai-sungai yang tidak terjamin kesehatannya.


Saya sangatlah bersyukur bisa tinggal di Pulau Jawa, dimana air bisa mengalir tanpa pernah habis. Namun, hal inilah yang sering membuat saya terlena. Saya terlalu terlena dengan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Setiap hari, saya mandi, mencuci priring, mencuci baju dengan menggunakan air yang berlimpah. Prinsip saya, dengan memakai air yang lebih banyak, maka tubuh saya akan menjadi bersih, baju saya akan lebih cemerlang, …


Kalau sudah begitu, saya seringkali melupakan penderitaan masyarakat NTT. Pikir saya,” Masa bodoh, ah. Mereka kan bukan menjadi urusan saya.” Ya, saya tidak pernah menempatkan diri saya di posisi mereka, hal ini berarti … saya tidak berempati pada mereka. Padahal, setiap hari mereka harus berjalan jauh, bisa mencapai berjam-jam hanya untuk memperoleh segentong air. Waktu mereka habis di jalan. Dan, bukan laki-laki, melainkan perempuan lah yang melakukan tugas berat itu.


Hemat air … hemat air … dan hemat air ...

Stop eksploitasi terhadap air secara besar-besaran …


Sumber Daya Energi


Energi merupakan salah satu sumber daya yang vital dalam kehidupan kita. Untuk hidup, kita membutuhkan energi. Menurut saya, energi yang paling penting adalah solar energy atau yang biasa kita kenal sebagai energi matahari. Tanpa adanya matahari, tumbuhan tentu saja tidak akan bisa berfotosintesis dan menghasilkan oksigen. Bayangkan apabila kita tidak bisa bernafas …


Bersambung …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar